Cara Menggati Domain .blogspot.com menjadi .com

Cara Menggati Domain .blogspot.com menjadi .com - Banyak orang yang beranggapan untuk memiliki sebuah website itu harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Tak heran mereka mencari alternatif dengan biaya seminimal mungkin untuk bisa memiliki website pribadi, apalagi bagi orang yang berkecimpung di dunia internet baik itu blogger atau bisnis online. Kita mengetahui bahwa Blogger adalah salah satu dari sekian banyak layanan blog gratis yang disediakan oleh  google inc. Meskipun gratis, Performa blogger pun sangat handal, baik dari segi kecepatan akses ataupun kemampuan high trafficnya. Hanya di samping itu bagi pengguna yang tergabung dalam blogger harus menggunakan .blogspot.com.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana Cara Menggati Domain .blogspot.com menjadi .com.  Bagi anda yang ingin memiliki domain sendiri tanpa harus membangun sebuah website dari awal, mungkin mengikuti cara ini sebagai alternatif untuk membuat sebuah website pribadi dengan harga sangat murah.

Sebelum anda memulai untuk custom blogger domain, anda perlu memiliki sebuah alamat blog dari blogger dan satu buah domain yang sudah di register. Pada contoh kali ini saya memiliki sebuah blog dengan nama dimzrio.blogspot.com dan domain dimasrio.com yang sudah di register di idwebhost

Oke, saya anggap persiapan ini sudah anda penuhi ya? selanjutnya mari kita rubah domain dari dimzrio.blogspot.com ke dimasrio.com. 

Pengaturan Pada Blogger

  1. Login pada account blogger anda lalu pilih "Setelan" . Pada bagian "Penerbitan" klik "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda".

                                  
  2. Setelah anda klik, nantinya anda akan diminta untuk menambahkan alamat domain baru anda.

                                   

    Setelah anda menambahkan alamat domain dan menekan tombol simpan, anda akan mendapatkan sebuah pesan error dan informasi mengenai DNS yang harus anda masukan ke dalam cpanel domain. Tidak perlu khawatir dengan pesan error tersebut itu normal karena google belum bisa resolved domain yang kita tambahkan.

     
    Pada kode yang saya garis bawahi di atas itu merupakan sebuah kode CNAME yang harus kita tambahkan ke cpanel domain. Mungkin bagi anda yang belum mengetahui apa itu Cname, singkatnya Cname itu singkatan dari Canonical Name Record atau gampangnya bisa disebut dengan "Alias". Pada intinya simpan kedua kode tersebut. 

Pengaturan Pada Idwebhost

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, anda memerlukan sebuah domain. Karena saya meregister domain www.dimasrio.com pada idwebhost, maka cpanel domain anda ada pada http://member.idwebhost.com/ kemudian login ke dalam account anda sesuai dengan user dan password masing-masing. Setelah anda masuk pada cpanel domain anda maka langkah selanjutnya sebagai berikut.

  1. Pada menu "Domain" Pilih "Domain Manager" maka anda akan di bawa pada domain manager. Karena saya disini menggunakan domain dimasrio.com maka pilih "kelola domain" > "Manage Nameservers".  

                                     

                                     


    Setelah itu nanti anda akan di bawa pada halaman update nameserver.  Lalu ubah dan tambahkan default tambahkan nameservernya menjadi seperti di bawah ini.  Jika sudah, maka tekan tombol "Update Nameserver"

                                       
  2. Selanjutnya, masih di lokasi "Manage Nameserver" pilih "Alat Pengelolaan" dan pilih "Kelola DNS". Seperti gambar di bawah ini.

                                        

    NOTE : Jika pada Alat Pengelolaan menu Kelola DNS tidak tersedia silahkan anda hubungi CS Idwebhost melalui Live chat yang tersedia pada websitenya. Karena secara default  fitur ini memang di disabled karena membutuhkan pengaturan yang Advanced.
  3. Sekarang kita tambahkan alamat IP berikut pada kelola dns 216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21 dan 216.239.38.21 dengan TTL 14400. Ulangi dengan menggunakan cara yang sama.

                                        
  4. Selanjutnya tambahkan juga kode yang diberikan blogger sebelumnya yaitu:
    www mengarah (CNAME) ke ghs.google.com, dancuoluz5fct25 mengarah (CNAME)ke gv-7feud67ig3bvwi.dv.googlehosted.com.Sehingga tampilan sepenuhnya menjadi seperti ini.

                                       
  5. Nah, sampai saat ini konfigurasi pada Cpanel Doain sudah selesai, anda bisa keluar atau logout dari cpanel. Namun agar konfigurasi tersimpan dengan sepenuhnya kita harus bersabar kurang lebih 2-4 Jam. Akan tetapi terkadang juga bisa lebih cepat. Karena estimasi seperti ini tidak bisa di pastikan.
Karena sebelumnya saat menambahkan domain dimasrio.com terdapat pesan error karena domain belum bisa di resolved, sekarang karena konfigurasi dns sudah di tambahkan pada domain panel maka seharusnya pesan error tersebut hilang. Caranya yaitu pada "Setelan", lihat di bagaian penerbitan lalu tekan tombol "Simpan" pada saat kita menambah domain baru. Jika sukses maka pesan error tersebut tidak akan muncul kembali.


           

Nah, sekarang kita telah memiliki domain baru yaitu www.dimasrio.com
Demikian tutorial singkat ini mengenai cara mengganti domain blogspot ke domain com.
Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


EmoticonEmoticon