Cara Melakukan Fetch As Google Untuk Artikel Baru

Cara Melakukan Fetch As Google Untuk Artikel Baru - Fetch As Google merupakan sebuah fitur yang tersedia pada webmaster tool yang memungkinkan kita untuk menambahkan suatu url. Fungsinya adalah agar google mengetahui halaman mana saja yang diizinkan untuk di crawling oleh google spider. Selain fitur fetch as google, google juga telah menyediakan fitur Fetch and Render As Google dimana kita bisa melihat seperti apakah tampilan blog kita di mata google dalam versi desktop ataupun mobile. Karena dengan begitu jika terjadi kesalahan pada fungsi Html, Javascript atau CSS yang kita tanam pada tampilan blog, kita dapat segera mengetahuinya pada hasil rendering.

Untuk menggunakan Fetch As Google, yang harus anda lakukan cukup login ke account google webmaster tools.  Nah, bagi anda yang belum memiliki account google webmaster tool, bisa anda pelajari pada link di bawah ini.
Cara mendaftarkan blog pada google webmaster tools
Setelah anda login ke dasbor google webmaster tools anda, pilih menu Crawl lalu Fetch as google.

                                                       
Kemudian akan muncul halaman baru yang meminta anda untuk memasukan url halam blog yang ingin anda rayapi. Misalnya, anda memiliki halaman http://www.dimasrio.com/2014/12/cara-membuat-privacy-policy-di-blogger.html maka yang anda lakukan cukup dengan memasukan 2014/12/cara-membuat-privacy-policy-di-blogger.html (tanpa www.dimasrio.com) kemudian pada menu dropdown pilih (Desktop/Mobile), kemudian klik Fetch and Render.



Jika telah di Fetch and Render, maka pada list url akan terlihat seperti di bawah ini.


Pada list url, pilih Kirim ke Index.

                                   

Karena pada google webmaster tools sendiri hanya menyediakan fasilitas mengirim url maksimal 500, maka saya sangat anjurkan untuk pilih "Rayapi url ini saja". Selanjutnya tunggu hingga status "telah terkirim ke index".

Untuk melihat hasil render dari google, anda bisa klik url yang anda masukan tadi kemudian pada tab render akan tampak halaman blog kita yang telah di submit.


Kurang lebihnya seperti itu cara untuk fetch as google. Lakukan langkah tersebut setiap kali anda membuat artikel baru. Cara ini sangat ampuh agar blog kita dikenali oleh google.

Demikian tutorial singkat ini mengenai cara melakukan fetch as google untuk artikel baru
Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua.

1 komentar:

kalo gak bisa dirender kesalhannya dimana mas..keterangannya not found?


EmoticonEmoticon