Cara Mendaftarkan Blog Pada Google Webmaster Tools

Cara Mendaftarkan Blog Pada Google Web Master - Hari gini siapa yang tidak kenal dengan Google. Salah satu layanan search engine terbesar yang banyak sekali digunakan oleh pengguna internet. Kita sebagai pelaku internet tentunya menginginkan alamat website atau blog yang kita miliki dikenali oleh google bukan? apalagi jika website kita terindex google di page pertama. Tentunya hal tersebut sangat di idam-idamkan.

Nah, untuk mendaftarkan blog pada google sebenarnya bukan perkara yang sulit, karena google telah menyediakan layanan "Google Webmaster Tools".  Dengan menggunakan layanan tersebut, selain bisa meningkatkan traffic blog, kita juga bisa menikmati beberapa fitur yang di sediakan oleh google seperti crawl website, search query, submit sitemap, pantauan traffic pada blog kita dan masih banyak lagi.

Cara Mendaftarkan Blog Pada Google Webmaster Tools

Sebelum anda mendaftarkan pada google webmaster tool, pastikan anda sudah memiliki sebuah account gmail.
  1. Buka halaman Google Webmaster Tool

                              
  2. Setelah anda login, Pilih "Tambahkan Situs".

                          
  3. Pada langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi kepemilikan blog pada. Caranya pada dasbor situs pilih icon "gear" lalu pilih "Detail Verifikasi".

                          
  4. Setelah halaman baru muncul pilih "Verifikasikan dengan motede yang berbeda". Lalu pilih metode Tag Html. Nantinya akan ada sebuah code html yang harus anda copy untuk diletakan  sesudah tag <head> pada Edit Html

    Note:
    Karena disini kita menggunakan blogger maka pilihlah metode tag html, karena blogger sangat mendukung penggunaan script html. Lalu bagimana jika kita menggunakan wordpress dengan self hosting? jika memang demikian, anda bisa menggunakan menu Unggahan Html dimana kita akan mengupload file verifikasi google pada hosting kita. 

                         
  5. Setelah anda meletakan kode tersebut, kemudian tekan tombol "Verifikasikan". Jika verifikasi berhasil maka akan ada tampilan seperti di bawah ini. Silahkan anda "Lanjutkan".
      
                         
Nah, sekarang anda telah berhasil menambahkan situs baru pada google webmaster tool. selanjutnya lihat pada dasbor webmater tools anda, maka situs baru sudah di tambahkan.

                               

Sekian dulu tutorial singkat mengenai Cara Mendaftarkan Blog Pada Google Webmaster Tools. Apabila terdapat kekurangan pada artikel ini penulis mohon maaf dan semoga bermanfaat. 


EmoticonEmoticon