Cara Sharing Internet di Ubuntu Linux

Cara Sharing Internet di Ubuntu Linux-  Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagimana cara untuk membagi koneksi internet di ubuntu. Mungkin cara yang satu ini sudah sangat jadul tapi bisa di bilang masih menjadi satu alternatif yang baik untuk melakukan sharing internet di linux. Nah, yang saya akan usung kali ini adalah memabagi koneksi dengan menggunakan iptables. Jika teman-teman belum mengetahui apa itu iptables? Saya akan menjelaskannya secara singkat. 

Iptables merupakan sebuah package yang memungkinkan seorang system administrator untuk melakukan konfigurasi pada Linux kernel firewall sehingga kita dapat melakukan manajemen paket data yang keluar atau masuk suatu komputer. Biasanya untuk melakukan konfigurasi iptables diperlukan pengetahuan yang cukup mengenai perintah iptables itu sendiri karena rule yang dapat kita buat bisa sangat beragam.  

Oke, langsung saja pada pokok pembahasan. Kita umpamakan bahwa kita memiliki koneksi internet dari eth0 dengan ip 192.168.137.2/24. Koneksi tersebut akan kita sharing pada interface virtualbox (Host only adapter) dengan alamat ip 10.10.10.1/24.



Kita dapat pastikan bahwa interface vboxnet0 belum memiliki koneksi internet. Coba lakukan ping menggunakan spesific source.


Pada gambar diatas menunjukan bahwa untuk interface vboxnet0 dengan ip 10.10.10.1/24 belum mendapatkan akses untuk internet. Agar interface tersebut mendapatkan akses internet maka kita buat rule iptables sebagai berikut.

root@shineofbara:/home/rio# echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward
root@shineofbara:/home/rio# iptables -A FORWARD -i eth0 -o vboxnet0 -s 10.10.10.0/24 -m conntrack --ctstate NEW -j ACCEPT 

root@shineofbara:/home/rio# iptables -A FORWARD -m conntrack --ctstate ESTABLISHED, RELATED -j ACCEPT

root@shineofbara:/home/rio# iptables -A POSTROUTING -t nat -j MASQUERADE

Apabila rules di atas sudah ditambahkan, sekarang coba lakukan kembali ping kearah internet menggunaan specific source.


Nah, sekarang interface vboxnet0 sudah mendapatkan koneksi internet dari eth0. Demikian tutorial singkat ini mengenai cara sharing internet di ubuntu linux.
Semoga bermanfaat bagi kita semua.


EmoticonEmoticon