Mengecek Performa Baca-Tulis Harddisk di Linux


Mengecek Performa Baca-Tulis Harddisk di Linux - Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan sebuah harddisk 160 GB dari seorang teman yang sudah tidak terpakai. Hal ini bermula dari komputer saya yang semakin lambat karena bad sactor pada harddisk semakin parah. Akhirnya saya memberanikan diri untuk memformat habis harddisk baru tersebut dan menjadikan harddisk tersebut sebagai harddisk primary dual boot OS Windows dan Ubuntu dengan kapasitas masing-masing 80 GB. Setelah dilakukan pengecekan menggunakan tools harddisk, hasilnya pun memang masih cukup bagus dan tidak ada bad sactor yang serius. Walaupun demikian saya masih belum cukup puas dengan dengan hasil tersebut menginat harddisk yang saya dapatkan ini adalah harddisk model lama. Jadi saya rasa perlu dilakukan juga pengecekan pada kecepatan baca tulis pada harddisk tersebut.

Nah, untuk melakukan pengecekan performa dan kecepatan baca tulis di linux sangatlah mudah. Anda hanya perlu menjalankan perintah di bawah ini.

Kecepatan Menulis Harddisk

root@shineofbara:/home/rio# dd if=/dev/zero of=testfile bs=1M count=1024
Perintah di atas digunakan untuk melakukan copy data kosong ke testfile sebesar 1GB. Setelah itu akan ada hasil seperti di bawah ini.
root@shineofbara:/home/rio# dd if=/dev/zero of=testfile bs=1M count=1024
1024+0 records in
1024+0 records out
1073741824 bytes (1,1 GB) copied, 15,9512 s, 67,3 MB/s
Terlihat bahwa dari hasil diatas kecepatan menulis sebesar 1Gb, menghabiskan waktu 15,9512 detik atau sekitar 7-8 menit dengan kecepatan 67,3 MB/s.

Selain dengan menggunakan cara di atas, anda juga bisa menggunakan sebuah tool hdparm untuk melakukan pengecekan performa baca pada harddisk.

Kecepatan Membaca Harddisk

Pada kasus ini penulis menggunakan sebuah system operasi Ubuntu 14.04 Lts yang sudah terinstall langsung package hdparm. Cara penggunaannya pun sangat mudah, anda hanya perlu mengetikan perintah berikut pada terminal anda.
root@shineofbara:/home/rio# hdparm -t /dev/sda

/dev/sda:
Timing buffered disk reads: 212 MB in  3.00 seconds =  70.58 MB/sec
Pada pengecekan di atas menunjukan bahwa harddisk mampu membaca 212MB file, membutuhkan waktu 3 detik dengan kecepatan 70.58Mb/s.

Berdasarkan dari beberapa hasil pengecekan, saya menyimpulkan bahwa harddisk 160GB yang saya peroleh tersebut itu cukup bagus.

Demikian tutorial singkat ini mengenai Cara Mengecek Performa Baca-Tulis Harddisk di Linux. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba..!!


EmoticonEmoticon