Setting Password Console dan Telnet Router Cisco

Setting Password Console dan Telnet Router Cisco - Yak, selamat siang. Di masih waktu jam kerja ini saya akan berbagi sedikit mengenai tutorial cara setting password telnet dan console pada router cisco. Sebelumnya kita juga pernah membahas bagimana cara untuk melakukan reset password router cisco. Baca di sini:
Recovery dan Reset Password Cisco 2600
Pada artikel kali ini, masih dalam lingkup pembahasan konfigurasi dasar. 



Untuk setting password pada cisco seharusnya dilakukan pada virtual terminal (vty) dan console. Karena untuk melakukan konfigurasi pada router cisco memang dapat dilakukan menggunakan 2 cara yaitu telnet dan console. Permberian password console akan memberikan keamanan bagi mereka yang ingin melakukan konfigurasi langsung pada perangkat router dengan menggunakan kabel consol, sedangkan pemberian password ada vty akan memberikan keamanan pada router bagi mereka yang ingin melakukan konfigurasi via remote. Umumnya router cisco sendiri memiliki vty dari 0 sampai 4. Akan tetapi beberapa version lain mungkin berbeda. Dengan memberikan password router cisco maka hanya benar-benar orang yang memiliki hak akses saja yang dapat melakukan konfigurasi.

Oke, langsung saja. Pertama kita akan memberikan password default pada router cisco.
R1>enable
R1#configure terminal
R1(config)#enable secret pwd123
R1(config)#exit
Setelah anda membuat default password router cisco selanjutnya, buatlah password console. Caranya seperti berikut ini.
R1>enable
R1#configure terminal
R1(config)# line con 0
R1(config-line)# password pwd123
R1(config-line)# login
R1(config-line)# exit
Nah, sampai saat ini ada sudah melakukan setting password pada console. Selanjutnya set password pada telnet.
R1>enable
R1#configure terminal
R1(config)# line vty 0 4
R1(config-line)# password pwd123
R1(config-line)# login
R1(config-line)# exit
Ket : pwd123 adalah password yang akan kita gunakan.

Jika semua konfigurasi sudah dilakukan jangan lupa untuk menyimpannya pada register dengan menggunakan perintah "write" pada privilage mode. Anda juga dapat melihat konfigurasinya dengan mengetikan perintah "show run".

Bagaimana cukup mudah bukan? Mungkin ini saja yang dapat saya bagikan mengenai cara setting password console dan telnet pada router cisco. semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba..!!


EmoticonEmoticon