Cara Membuat DHCP Server di Mikrotik RB750

Assalam'mualaikum, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat dhcp server di mikrotik. Fitur ini akan sangat berguna bagi kita yang ingin belajar fundamental mikrotik. Terlepas dari itu semua dengan kita semakin banyak mencoba fitur mikrotik, wawasan kita akan semakin bertambah. Sebenarnya apa itu DHCP? ya, DHCP merupakan singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol. Fungsinya adalah memudahkan kita untuk mengalokasikan alamat ip dalam satu jaringan sehingga bersifat dinamis client/server. Lalu kapan dhcp itu dipakai? Dhcp akan terasa sekali keuntungannya jika kita memiliki sebuah jaringan LAN dengan sekala besar atau jaringan yang jumlah hostnya yang tidak tentu. Misalkan jaringan hotspot atau jaringan Lan office yang memiliki lebih dari 50pc.
Untuk membuat sebuah dhcp di mikrotik sangatlah mudah. Pada menu mikrotik pilih IP > DHCP Server > DHCP Setup.

Setelah itu nantinya akan ada dialog set up seperti di bawah ini. Masuan interface yang ingin kita setting dhcpnya.


Selanjunya masukan alamat network yang kita gunakan.


Masukan default gateway dan dhcp relay untuk client yang menerima dhcp.



Set dhcp pool untuk client yang menerima ip. Dhcp pool itu berfungsi sebagai pengalokasi alamat ip untuk host yang meminta request pada dhcp server.


Selanjutnya set dns server yang akan digunakan oleh client. 


Set dhcp lease sebagai time expirednya. Disini defaultnya adalah 3 hari. Jadi jika ada sebuah host yang terhubung di jaringan lan dengan menggunakan dhcp di hari pertama dan hari kedua host terhubung kembali ke jaringan tersebut maka akan mendapatkan alamat ip yang sama dengan sebelumnya.


Selantjunya pilih Next, dan Dhcp server telah sukses di buat.


Nah, itu tadi setting dhcp server di mikrotik. Semoga bermanfaat dan selemat mencoba..!!


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.