Cara Setting Virtual Access Point di Mikrotik RB751

Cara Setting Virtual Access Point di Mikrotik RB751 - Selamat siang, kali ini saya akan menjelaskan bagimana cara membuat virtual akses point di Mikrotik RB751. Virtual Access Point (VAP) merupakan sebuah teknologi dalam dunia wireless/hotspot yang dapat membuat sebuah sub akses point dalam 1 adapter wireless. 

Baca Juga :
Konfigurasi Watchdog di Mikrotik RB750
Cara Menghapus Log di Mikrotik 

Pada gambar di atas adalah contoh dari topologi sederhana dari virtual akses point.

Ok, langsung saja bagaimana cara setting virtual access point di Mikrotik RB751.
  1. Login mikrotik anda via winbox, selanjutnya buat security profile terlebih dahulu di menu Wireless > Security Profile > Add. Sebagai contoh saya akan membuat security profilenya dengan nama "Research" dan set password yang anda gunakan sebagai login akses pointnya di WPA Pre-shared key dan WPA2 Pre-shared key.

                                 
  2. Buat Virtual Access Pointnya di menu Wireless > Interface > Add > VirtualAP.  Untuk contoh kali ini saya akan membuat sebuah virtual access point dengan nama "Shineofbara". Isikan master interfacenya dengan "Wlan1" (Interface wireless utama) dan security profile dengan "Research" sesuai dengan kita buat tadi.

                                 

                                 

    Perlu diketahui bahwa virtual akses point yang saya buat ini merupakan virtual akses point yang ke 2 jadi interface yang akan terbuat nantinya adalah Wlan3.   
Nah, sampai tahap ini kita sudah berhasil membuat virtual akses pointnnya. Kita juga bisa menambahkan sebuah service dhcp untuk akses point tersebut. Untuk membuat dhcpnya bisa membaca tutorial sebelumnya Cara Membuat DHCP Server di Mikrotik. Jika sudah selesai maka akan tampak seperti di bawah ini.


Demikian tutorial singkat ini mengenai cara setting virtual access point di mikrotik RB751. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba..!!!