Konfigurasi Email di Mikrotik RB750


Konfigurasi Email di Mikrotik RB750 - Mikrotik merupakan salah satu router os yang sangat populer saat ini. Selain harganya yang terjangkau, mikrotik memiliki fitur yang sangat lengkap dan mudah untuk di konfigurasi. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan salah satu fitur mikrotik yang mungkin terlupakan dan jarang digunakan kebanyakan engineer yaitu Tools Email

Sebenarnya saya pribadi menggunakan fitur ini sebagai notifikasi ataupun melakukan backup konfigurasi router via email. Tapi untuk pembahasan kali ini kita akan memfokuskan terlebih dahulu bagaimana cara kirim email di mikrotik.

Baca Juga : 
Setting NTP di Mikrotik
RSTP Bridge Failover Mikrotik 
Cara Memblock Serangan Bruteforce pada Mikrotik 

Konfigurasi Email di Mikrotik

Pertama, yang harus anda lakukan adalah menyesuaikan account mail yang anda gunakan pada mikrotik. Karena disini saya menggunakan account gmail maka anda perlu mengkonfigurasinya menggunakan enkripsi TLS/SSL dengan Port 587. Selain itu pada settingan gmail account pop3 nya harus di aktifkan di "Setelan > Penerusan dan POP/IMAP".


selanjutnya masukan informasi account email anda pada mikrotik di "Tools > Email".


atau bisa menggunakan terminal.
[admin@RouterOS-VM] > tool e-mail set address=[:resolve smtp.gmail.com] port=587 from="RouterOS VM" user=emailmu@gmail.com password="pswd"
Jika sudah selesai, coba lakukan test kirim sebuah di send email.


atau untuk lebih praktisnya anda bisa menggunakan terminal dan memanfaatkan konfigurasi mail yang sudah kita set sebelumnya.
[admin@RouterOS-VM] > tool e-mail send to=emailmu@gmail.com subject="RouterOS VM" body="Hallo Mikrotik..!!!" tls=yes
Sekarang coba buka account email anda, jika konfigurasinya berhasil akan ada pesan masuk dari mikrotik seperti di bawah ini.


Nah, gimana mudah bukan? dengan begitu kita sudah bisa memanfaatkan fitur email di mikrotik ini sebagai notifikasi ataupun backup konfigurasi secara berkala.

Demikan tutorial mikrotik indonesia kali ini mengenai Konfigurasi Email di Mikrotik RB750. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba..!!!

2 komentar

bagaimana mendapatkan IP yang dimasukkan pada kolom SERVER ?
apakah ip provider email ?


EmoticonEmoticon