Konfigurasi iSCSI Target FreeNAS Sebagai ESXI Storage Server


Konfigurasi iSCSI Target FreeNAS Sebagai ESXI Storage Server - Selamat siang sobat oprekers, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat iscsi target menggunakan freenas 9.3 sebagai storage server untuk VMware ESXi. Sebelum kita mulai, saya akan menjelaskan sedikit apa itu iscsi?
Step by Step installasi FreeNAS 9.3
iSCSI ( Internet Small Computer System Interface ) secara singkatnya adalah sebuah storage (media penyimpanan) yang dishare menggunakan protokol tcp/ip. Dengan kata lain iSCSI bisa menjadi sebuah penghubung antara Storage dan Server dalam suatu jaringan. Berbeda dengan Samba ataupun NFS yang melakukan share folder, iscsi ini akan melakukan share blok hardisk pada suatu server ke server lainnya yang dapat di mount dalam suatu jaringan. Sehingga hard disk tersebut seolah-olah seperti hardisk internal. 



Konfigurasi iSCSI Target FreeNAS 

Pembahasan dibawah ini akan saya akan memfokuskan pada konfigurasi iSCSI pada FreeNAS saja. Bagi sobat yang belum mengetahui cara menginstall freenas bisa membuka link yang sudah saya sertakan diatas. Oke, pada contoh ini prefix yang kita gunakan adalah 10.10.7.0/24 dan ip freenas adalah 10.10.7.253.

Langkah pertama login ke freenas menggunakan browser, kemudian pada menu service pilih icon konfigurasi.


Kemudian pada tab Block ( iSCSI ) > Target Global Configuration, ubah base name sesuai dengan yang anda inginkan. Lalu Save.


Selanjutnya buat sebuah portal seperti dibawah ini, Masukan alamat ip dari freenas dengan port iscsi yaitu 3260.



Langkah berikutnya adalah membuat Initiator, Initiator adalah sebuah pembatasan dari alamat network/ip address yang boleh mengakses iscsi storage untuk di mount. Karena disini saya menggunakan private server dengan prefix 10.10.7.0/24 maka konfigurasi akan terlihat seperti dibawah ini. 


Field Initiator defaultnya adalah ALL artinya semua ip address dari subnet 10.10.7.0/24 boleh mengakses iscsi server.


Setelah kita membuat initiator, buatlah sebuah target untuk memberikan ip address dari (portal dan initiator) sebagai pengendali akses ke nas storage server.



Selanjutnya tentukan hard disk yang akan di share pada menu Extent. Pada kasus ini saya akan menggunakan hard disk kosong dengan kapasitas 80GB. Mohon di perhatikan bahwa hard disk pada menu device itu bukanlah hard disk yang sudah terinstall freenas melainkan hard disk khusus yang memang kita alokasikan untuk iscsi.



Pada menu Associated Target,buatlah konfigurasi untuk menentukan nama target dengan hard disk yang menjadi iscsi.



Setelah semua konfigurasi selesai, jalankan service iSCSI pada menu service.


Jika service tidak bisa di ON kan berarti konfigurasi anda yang belum benar.

Artikel Selanjutnya:
Setup iSCSI Storage pada VMware ESXi 6.0 Hypervisor
Demikian tutorial freenas kali ini mengenai konfigurasi iscsi target freenas sebagai esxi storage server. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba..!!!


EmoticonEmoticon