Tutorial Install FreeNAS 9.3


Tutorial Install FreeNAS 9.3 - NAS (Network Attached Storage) merupakan sebuah server yang di bangun khusus untuk melayani kebutuhan file data berbasis TCP/IP sehingga dapat diakses melalui jaringan lokal. NAS terdiri dari sebuah sistem operasi khusus yang menyediakan service layanan data dan storage. Salah satunya adalah FreeNAS.

FreeNAS merupakan sebuah system operasi NAS open source berbasis FreeBSD dan OpenZFS file system. Banyak sekali fitur yang di sediakan oleh FreeNAS antara lain adalah iSCSI, RAID, LDAP, Active Directory dan masih banyak lagi. Nah, bagi anda yang ingin membangun sebuah server storage dengan cost yang minim bisa menggunakan FreeNAS. Tentunya harus di sesuaikan dengan kebutuhan juga. Jangan sampai anda membeli sebuah server NAS yang harganya puluhan juta rupiah hanya di jadikan sebuah server iSCSI saja, tentu menjadi sebuah pemborosan yang besar-besaran.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukan installasi FreeNAS 9.3.

Step by step Install FreeNAS 9.3

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah download FreeNAS terbaru. Setelah itu burning dan jalankan melalui DVD ROM. Untuk spesifikasi servernya sendiri saya menggunakan VMware Workstation dengan Ram 2GB, Prosesor multi core, Hardisk 40GB.


Setelah itu Enter, dan akan muncul Console setup.


Pilih No.1 yaitu Install/Upgrade, kemudian Enter.


Select hardisk yang ingin di install FreeNas. Anda perlu memerlukan konfirmasi dan set password terlebih dahulu sebelum proses installasi berjalan.



Tunggu hingga proses installasi selesai.


Setelah proses installasi freenas pada hardisk selesai maka pilih menu reboot. 



Selanjutnya reboot FreeNas untuk menjalankan FreeNas dan biarkan FreeNas booting dengan normal maka akan tampak seperti dibawah ini.


Setelah itu kita perlu set ip address agar bisa di remote via browser. Pilih No.1 kemudian Enter.
Secara default FreeNas menggunakan DHCP tapi memang lebih baik ditanamkan ip static.


Pada contoh diatas merupakan wizard untuk melakukan set ip. Disini saya menggunakan alamat ip 10.10.7.253/24.

Jika sudah selesai, sekarang buka browser anda dan ketikan http://ip_freenas pada Url. Maka akan tampil seperti dibawah ini.


Masukan username dan password anda.


Sampai disini anda sudah melakukan install FreeNas, untuk selanjutnya anda bisa mengkonfigurasinya sesuai dengan kebutuhan.

Artikel selanjutnya:
Konfigurasi iSCSI Target FreeNAS sebagai ESXI Storage Server
Demikian Tutorial singkat saya kali ini mengenai Cara Install FreeNas 9.3. Semoba bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba..!!!

3 komentar

ko freenass saya gk bisa booting gan

nanya mas, kok punya saya gagal install,
install_worker2.sh:WARNING : not enough RAM
gpart: arg0 'da0: Invalid argument
gpart: arg0 'da0: Invalid argument


EmoticonEmoticon