VMware ESXI 6.0 Unsupported NIC - No Network Adapter


VMware ESXI 6.0 No Network Adapter - Sudah cukup lama saya tidak mengikuti perkembangan teknologi vertualisasi vmware esxi 6.0. Hal itu saya rasakan saat melakukan fresh install vmware esxi 6.0 di vmware workstation dan saya mendapatkan sebuah pesan error yang menyebutkan kalau network adapater tidak terdetek. Hal ini sangat berbeda saat dulu menginstall esxi 5.5 tanpa masalah sedikit pun. Setelah mencari tau ternyata pada esxi versi 6.0 ini vmware tidak menyertakan driver esxi 5.1 sehingga kita harus melakukan custom driver sendiri.

Karena pada vmware workstation default NICnya adalah intel, maka yang harus ditambahkan adalah module net-e1000e. Ini tergantung dengan NIC card yang anda gunakan, jika anda menggunakan NIC jenis Realtek di komputer anda, maka anda harus menyesuaikannya. Berikut ini adalah beberapa jenis driver nic esxi 6.0 yang  tersedia.


Untuk melakukan customized vmware esxi iso installer, kita dapat menggunakan sebuah script ESXi-Customizer-PS
ESXi-Customizer-PS merupakan sebuah script yang mampu membuat iso exsi 5.0 dan 6.0 secara otomatis menggunakan VMware PowerCLI ImageBuilder.
Sekedar tambahan saja, sebenarnya anda juga bisa melakukan custom dengan tools EXSi-Customizer . Tapi sesuai info yang ada di situsnya, versi terbaru saat ini (ESXi-Customizer v2.7.2) hanya support sampai exsi 5.5 saja dan tidak sesuai untuk kebutuhan kali ini.

Customized ESXi 6.0 Image dengan Intel NIC Driver.

  1. Download script ESXi-Customizer-PS.
  2. Download dan Install VMware PowerCLI.
  3. Jalankan powercli kemudian arahkan console ke tempat anda menyimpan script esxi-customizer-ps. Sebagai contoh saya menyimpannya di C:\Users\root\Desktop.
  4. Ketikan perintah di bawah ini untuk membuat esxi 6.0 image dan tunggu hingga selesai.
.\ESXi-Customizer-PS-v2.4.ps1 -vft -load net-e1000e
Jika Nic yang digunakan adalah Realtek.
.\ESXi-Customizer-PS-v2.3.ps1 -v60 -vft -load net55-r8168
Berikut ini adalah prosesnya.


Jika sudah, nantinya akan ada sebuah file iso esxi 6.0 customized baru dan siap untuk di install sebagai bare metal.


Nah, sangat mudah bukan untuk memperbaiki VMware ESXI 6.0 Unsupported NIC - No Network Adapter. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba.!!!

1 komentar:

mas mo nanya,
untuk mengatasi DirectPath I/O not support gmn?


EmoticonEmoticon