Tutorial Zabbix SNMP dan Traffic Monitoring Graph


Tutorial Zabbix SNMP dan Traffic Monitoring Graph - Hallo sobat oprekers, pada pertemuan sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara melakukan installasi zabbix server di centos 7. Kali ini dimasrio.com akan kembali share bagimana cara melakukan monitoring device menggunakan zabbix

Mungkin sobat yang sudah membaca artikel sebelumnya sudah paham bahwa zabbix menyediakan beberapa macam protokol monitoring seperti SNMP, JMX interaface, IPMI interface bahkan zabbix juga menyediakan protokol monitoringnya sendiri yang dikenal dengan Zabbix Agent.

Baca Juga :
Konfigurasi SNMP di Mikrotik
Seperti dengan judul diatas, kali ini saya akan menggunakan snmp (simple networks management protokol) pada zabbix. Alasannya karena pada umumnya memang protokol snmp inilah yang sering digunakan pada monitoring tools lainnya. 

Oke, disini saya sudah menyediakan video tutorialnya jadi sobat akan lebih mudah untuk melakukan konfigurasi zabbix snmp dan membuat monitoring graph nya.
https://www.youtube.com/watch?v=87VbdGVxSO4
Untuk pertemuan selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara install zabbix agent untuk monitoring server linux.

Demikian artikel singkat saya kali ini mengenai tutorial zabbix snmp dan traffic monitoring graph. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba..!!!


EmoticonEmoticon