Cara Setting Kirim & Terima SMS di Mikrotik


Cara Setting Kirim & Terima SMS di Mikrotik -  Bagi anda yang belum mengetahui cara melakukan kirim dan terima sms pada mikrotik. Jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini dimasrio.com akan mencontohkan bagaimana cara mengaktifkan firur sms pada mikrotik layaknya sebuah handphone.

Baca Juga : 
Konfigurasi Email di Mikrotik RB750
Backup konfigurasi mikrotik dengan scheduler dan di kirim via email
Dalam percobaan kali saya menggunakan mikrotik jenis RB951Ui-2Hnd dan sebuah modem stick Huawei dengan kartu sim card Telkomsel. Anda juga bisa menggunakan jenis mikrotik lainnya asalkan mendukung slot USB dan modem yang digunakan, karena tidak semua modem telah di support oleh mikrotik.

Langkah pertama, sambungkan modem stick ke slot USB pada mikrotik. Pastikan juga interface modem hanya berstatus aktif tidak auto connect. Jika interface modem auto connect anda bisa disable terlebih dahulu karena modem tidak bisa digunakan bersamaan dalam mode sms dan internet.


Pastikan juga modem sudah terdeteksi pada menu System > Resources > USB.


Selanjutnya cek pada System > Ports untuk melihat channel pada modem. Disini channel yang digunakan modem adalah 4.


Untuk melakukan kirim dan terima sms di mikrotik, anda bisa ke menu Tools > SMS.


Note : 
Pada field channel, yang perlu anda lakukan adalah mencobanya pada posisi default terlebih dahulu yaitu biarkan ada posisi 0, jika berhasil gunakan channel 0 saja. Karena seperti pada kasus saya ini jika dimasukan channel 4 maka akan gagal. Akan tetapi jika posisi default gagal, maka anda perlu merubahnya ke channel yang sesuai dengan port.

SMS Setting
Receive Enabled : Fitur ini digunakan agar mikrotik dapat menerima sms.
Port : "usb1" port usb yang sedang aktif.
Channel : Channel yang digunakan pada modem karena setiap modem berbeda-beda.
Secret : Password yang digunakan untuk menjalankan scrip jika mikrotik menerima pesan.
Allowed Number : Membatasi no. hp mana saja yang dapat mengirim pesan ke mikrotik.
Keep Max SMS :  Jumlah sms yang dapat disimpat mikrotik.

Jika sudah selesai, coba lakukan sms ke no modem itu sendiri. Jika sukses, maka pada menu inbox akan muncul pesan sms dari mikrotik.


Bagaimana sangat menarik bukan fitur sms pada mikrotik? anda juga bisa bereksperimen dengan script untuk melakukan remote mikrotik jarak jauh via sms.

Demikian tutorial mikrotik indonesia kali ini mengenai cara setting kirim & terima sms di mikrotik. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba..!!!

1 komentar:

sip mas , materinya bagus . oh ya mas saya mau tanya , untuk kartu yang digunakan itu kartu yang ada pulsanya atau bisa menggunakan kartu paket internet yang cuma bisa untuk internetan saja?


EmoticonEmoticon