Konfigurasi VRF di Mikrotik


Konfigurasi VRF di Mikrotik - Virtual Routing Forwarding (VRF) merupakan suatu metode jaringan komputer yang memungkinkan untuk membuat berberapa table routing independent yang berjalan bersamaan dengan table routing main.

Di level production, teknologi vrf banyak sekali digunakan oleh perusahaan penyedia layanan MPLS seperti telkom dengan product VPNLite-nya. Karena dengan begitu provider dapat lebih mudah untuk memisahkan route client yang memiliki ip privat yang sama antara client satu dengan lainnya. 

Baca Juga :
Remote Loggin Mikrotik dengan Syslog

Pada mikrotik fitur vrf sudah tersedia dan sangat mudah untuk diimplementasikan. 

Perhatikan gambar dibawah ini, www.dimasrio.com akan mencoba menerapkan topology sederhana dari vrf.

Dari gambar diatas, client 1 sudah terlebih dahulu terkoneksi pada router R2, seiring berjalannya waktu router R2 mendapatkan client baru yaitu client 2 yang memiliki subnet privat yang sama dengan client 1. Pastinya jika kita paksakan menambahkan segment yang sama pada router R2 akan terjadi conflig ip yang menyebabkan jaringan client 1 akan terganggu karena pembacaan system routing pada router menjadi kacau.


Konfigurasi VRF Mikrotik

Pada router R2 kita akan buatkan vrf untuk memisahkan routing table. Langkah pertama pilih menu IP -> Route -> VRF


Setelah vrf di buat maka pada route list akan menjadi seperti ini.


Pada tahap ini kita sudah membuat vrf, akan tetapi client 2 masih belum dapet terkoneksi ke internet dikarenakan default route untuk outgoing ke internet ada pada table routing main. Untuk itu kita memerlukan Route Leaking agar traffic outgoing (upload) vrf-client2 dapat menggunakan routing table main.


Setelah kita menambahkan route leaking untuk traffic upload, kita perlu membuat Consistency Routing untuk traffic downloadnya agar traffic incoming dan outgoing tetap consistent.

Untuk membuat Consistency routing kita perlu membuat sebuah rule mangle di IP -> Firewall -> Mangle.




Sampai disini vrf sudah selesai di konfigurasi.

Demikian tutorial mikrotik indonesia kali ini mengenai konfigurasi vrf di mikrotik. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba..!!!