Konfigurasi Bonding (Link Aggregation) Interface Mikrotik

Konfigurasi Bonding Interface Mikrotik - Bonding atau link aggregation interface merupakan suatu metode untuk menggabungkan 2 atau lebih interface untuk mendapatkan troughput bandwidth yang lebih besar. Selain itu, interface bonding dapat digunakan sebagai metode fail over interface. Biasanya bonding interface akan disambungkan ke switch sebagai backbone yang menghubungkan jaringan membutuhkan traffic besar.

Konfigurasi IPIP Tunnel di Mikrotik

Sebagai contoh lab kali ini, saya akan membuat interface bonding untuk meningkatkan troughput bandwidth point to point antar router mikrotik.


Ether1 dan ether2 akan dibuat sebagai interface bonding dengan nama LAG-Interface. Lakukan langkah di bawah ini di masing-masing router.


 


Selanjutnya kita tambahkan IP address di masing-masing interface, pada contoh kali ini saya akan menggunakan prefix 172.16.10.0/30.



Selanjutnya lakukan ping dan bandwidth test untuk melihat hasil bonding dari kedua interface tersebut.




Karena masing-masing interface memiliki kapasitas 100Mbps, maka sudah interface bonding akan menghasilkan troughput hingga 200Mbps seperti yang terlihat pada hasil bandwitdh test.

Demikian tutorial singkat mikrotik indonesia kali ini mengenai konfigurasi bonding pada mikrotik. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba..!!!

1 komentar:

masih kurang faham...
ether2 mikrotik 1 ke ether2 mikrotik2 dengan kabel straight atau cross ?
ether3 mikrotik1 ke ether3 mikrotik2 dengan kabel straight atau cross ?

terus Modem 1 dan modem 2 di colok ke ether berapa ?
dan IP modem menggunakan berpa ?

dan outputnya ada di mikrotik mana port berpa ?
tolong d perjelas ya gan ,...... terima kasih.


EmoticonEmoticon