Install Docker di CentOS 7


Install Docker di CentOS 7 - Apa itu docker? Nah sobat, di era cloud computing sudah zamannya virtualisasi. Jika berbicara virtualisasi berbasis baremetal (Hypervisor) pastinya kita sudah sering mendengar seperti Vmware, proxmox, Xen, dll. Lalu apa sobat pernah mendengar dengan virtualisasi bebasis container? Sebenarnya teknologi ini sudah sangat lama ada tapi jarang sekali orang menggunakannya salah satu contohnya adalah OpenVZ pada tahun 2005. Berberapa tahun terakhir virtualisasi berbasis container mulai naik daun sejak munculnya docker. Lalu apa itu docker?

Docker merupakan sebuah teknologi virtualisasi berbasis container. Jika kita bandingkan virtualisasi vmware dengan docker, vmware akan membagi resource fisik kedalam vm guest sesuai yang kita tetapkan, sedangkan docker tidak membutuhkan vm geust dan resource yang digunakan adalah share dari OS utama (OS Host). 


Dari gambar diatas tentunya docker akan lebih ringan bukan.

Ok sobat, saya rasa cukup penjelasannya mengenai docker. Untuk selanjutnya www.dimasrio.com akan menjelaskan bagimana cara install docker di centos 7

Langkah pertama update repository.
yum update
Karena kita akan menginstall docker via official repository maka install yum utils.
yum install -y yum-utils

yum-config-manager --add-repo https://download.docker.com/linux/centos/docker-ce.repo
Update cache repository.
yum makecache fast
Install docker engine.
yum install docker-ce

Selanjutnya jalankan docker engine dan jalankan sebagai start up.
systemctl restart docker

systemctl enable docker
Nah, sampai disini sobat sudah berhasil menginstall docker pada centos 7. Untuk artikel selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara membuat container pada docker.

Demikitan tutorial docker indonesia  kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba..!!!


EmoticonEmoticon