Cara menggunakan docker di CentOS 7

Cara menggunakan docker di CentOS 7 - Hallo sobat opreker, pada artikel sebelumnya www.dimasrio.com sudah menjelaskan bagaimana cara untuk install docker di centos 7. Lalu bagimana cara kita menggunakan docker? seperti yang sudah saya sebutkan di artikel sebelumnya bahwa docker berbasis container oleh karena itu kita membutuhkan sebuah image untuk membuat virtualisasi. 

Docker Workflow


Untuk langkah pertama yang sobat harus lakukan adalah download docker image. Dimana kita mendapatkan docker image? docker sendiri sudah mempunyai repository untuk image yaitu docker hub, jadi kita hanya perlu koneksi internet dan sudah bisa terhubung ke docker hub.

Pada contoh kali ini saya akan mencoba membuat container ubuntu pada docker.
docker search ubuntu
Output :


Download docker image dengan perintah berikut.
docker pull ubuntu
Output :

Jalankan docker container.
docker run -it ubuntu
Output :

Options "-it" digunakan untuk menjalankan docker dengan mode interactive dari image. Sehingga ketika di run kita akan masuk pada shell container. Yang perlu kita ingat adalah id container yaitu 80b58a61e0d7 karena id tersebut yang kita gunakan jika ingin kita ingin build container baru dari container base.


Sebagai contoh saya akan install web server pada container ubuntu yang nantinya saya akan jadikan sebuah image baru dengan nama ubuntu-apache2.
apt-get update
apt-get install apache2
service apache2 restart
Setelah sobat melakukan install service http pada docker selanjutnya lakukan commit untuk membuat atau menyimpan konfigurasi  ke docker images. Perintah commit hanya bisa dijalankan pada os guest, artinya sobat harus logout terlebih dahulu shell container.
docker commit <id container> <repository>/<nama images>
Contoh :
 docker commit 80b58a61e0d7 dimasrio.com/ubuntu-apache2
Output :

Setelah images ubuntu apache2 di commit, Sobat sudah bisa menjalankan images nya sebagai container. Sebagai contoh disini saya akan mencoba membuat 2 buah container dengan nama web1 dan web2.
docker run -d -it --name web1 -p 8081:80 dimasrio.com/ubuntu-apache2
docker run -d -it --name web2 -p 8082:80 dimasrio.com/ubuntu-apache2
Selanjutnya jalankan docker container dengan perintah berikut.
docker start web1
docker start web2
Pastikan pada docker ps , container web1 dan web2 sudah running.

Output:


Nyalakan service apache2 pada masing-masing container.
docker exec web1 service apache2 start
docker exec web2 service apache2 start
Pastikan service apache sudah running pada container.


Sampai disini sobat sudah mempunyai 2 buah service apache.  Sekarang silahkan coba untuk mengakses localhost:8081 atau localhost:8082 pada browser.

Output:


Untuk mempermudah kita setup images pada docker, sobat bisa mencarinya langsung pada docker hub. Sobat bisa mencari image apa pun disana, tanpa harus membuat images terlebih dahulu.

Demikian tutorial docker indonesia kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba.!!!


EmoticonEmoticon