Provisioning Server Menggunakan Jenkins SSH Plugin


Provisioning Server Menggunakan Jenkins SSH Plugin - Pada artikel sebelumnya www.dimasrio.com sudah menjelaskan bagimana cara untuk setup dan install jenkin menggunakan docker. Jenkins sudah dilengkapi dengan berbagai macam plugin yang dapat digunakan untuk melakukan automation salah satunya menggunakan ssh plugin. 

Baca Juga :
Sebagai contoh kali ini, saya akan mencoba melakukan automate provisioning server untuk dengan kebutuhan java packages.

Step 1 - Install SSH Plugin pada Jenkins

Pada halaman Dashboard Jenkins > Manage Jenkins > Manage Plugins.
Search ssh plugin dan install.





Step 2 -  Tambahkan remote address pada list ssh.

Pilih Dashboard Jenkins > Manage Jenkins > Configure System > Add (Remote SSH Hosts), lalu masukan credentials dari host targets.


Step 3 - Buat Jobs jenkins.

Jobs berfungsi untuk menjalankan perintah yang akan di eksekusi pada remote host.

Pilih Dashboard Jenkins > New Items > Freestyle Project > OK.

Selanjutnya pada tab Build Environtment, masukan remote host dan tambahakan perintah yang akan di executed ketika job dijalankan.



Step 4 -  Jalankan Job Jenkins.

Setelah sebuah proses setup telah selesai, saatnya kita jalankan job. Pada contoh kali ini kita akan menjalankan job secara manual, sobat juga dapat menjalankan jobs dengan menggunakan trigger.


Ketika jobs jenkins berjalan, akan ada progress bar yang menunjukan proses build sedang dijalankan. Jika telah selesai, kita juga dapat melihat hasil provisioning servernya pada history build.



Sampai disini proses provisioning telah selesai dan java packages sudah terinstall pada server.

Output :

Note :
Artikel ini merupakan contoh sederhana bagimana menerapkap jenkins. Pada lingkungan software development, jenkins digunakan untuk automation deployment dan di combined dengan software repository seperti Git sehingga mempermudah perkerjaan Devops.

Demikian tutorial Jenkins kali ini mengenai provisioning server menggunakan jenkins ssh plugins. Semoga dengan tutorial singkat ini bermanfaat bagi kita semua dan membuka wawasan kita untuk lebih dalam lagi mengeksplore jenkins server..!!!


EmoticonEmoticon