Belajar Import China, Pengalaman Belanja di 1688.com


Belajar Import China, Pengalaman Belanja di 1688.com - Hallo sobat www.dimasrio.com, pada artikel sebelumnya saya sudah membahas bagaimana persiapan yang harus dilakukan sebelum mencoba import barang dari china. Kali ini saya akan share pengalaman pribadi saya ketika belanja di situs lokal china 1688.com kemudian di import ke indonesia.

Baca Juga :
Dengan modal pengetahuan seputar import yang minim dan tidak ikut pelatihan import apapun, Pada tanggal 25 April 2017 lalu saya memberanikan diri untuk belanja di situs china 1688.com. Situs yang seluruhnya menggunakan bahasa china, saya pun membuat account 1688.com dan juga AliPay hanya bermodalkan google translate. Pada artikel ini saya tidak akan menjelaskan cara membuat account 1688.com dan AliPay, Untuk sedikit pengetahuan sobat, Apa hubungannya 1688.com dengan AliPay? Yaps, AliPay adalah rekening bersama milik Alibaba Group yang merupakan metode pembayaran yang valid untuk 1688.com. Jadi jika kita memiliki account alipay kita sudah terverifikasi kita dapat belanja apapun di situs milik alibaba group.

Karena untuk verifikasi alipay dibutuhkan rekening china, dan saya belum memilikinya, jadi saya tidak bisa TopUp saldo ke account alipay dan melakukan pembayaran. Akhirnya saya menggunakan jasa Ask Someone To Pay dari alipay, dan saya mencari jasa pembayaran alipay di indonesia. Saya menggunakan jasa dari Blinktrade.

Invoice 1688.com

 
Oke sobat, lanjut ke pemilihan cargo, Setelah saya membandingkan dan mencari info seputar cargo dari china ke indonesia di internet, Akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada PT. Cahaya Lintas Semesta (CLS Cargo). Saya pun tidak pernah menggunakan jasa cls cargo sebelumnya karena bisnis import ini adalah hal baru bagi saya. Saya pun menghubungi customer service dari cls cargo dan diberikan penawaran jasa Door to Door oleh salah satu sales dari CLS Cargo yaitu Mba Linita Huang. Mungkin sobat yang akan bertanya apa itu layanan Door to Door? Singkatnya, kita hanya perlu membayar dan pengurusan akan di tangani oleh pihak cargo termasuk surat izin import dan pengurusan bea cukai. Biasanya besar dari biaya akan ditentukan oleh jenis barang, berat dan jenis transport. Karena pada saat saya order barang pengiriman via laut sedang Red Line, maka terpaksa saya harus menggunakan pengiriman via udara yang biayanya lebih mahal dan dikenakan berat volume.

Infokan barang apa yang ingin anda import ke sales, nantinya akan dikirimkan detail biaya, Marking Code dan alamat Warehouse mereka di china. Artinya tujuan pengiriman yang anda cantumkan di situs 1688.com adalah alamat warehouse cls cargo yang ada di china bukan alamat kita yang di indonesia. Tambahkan juga keterangan ketika selesai order di 1688.com untuk menuliskan Marking Code (Kode Barang dari CLS) di Box barang untuk menandakan itu barang milik anda. Pengalaman saya, seller tidak menuliskan marking code pada paket milik saya ketika sampai di warehouse cls, sehingga paket saya di bantu trace oleh mba linita.

Usahakan selalu menanyakan perkembangan pengiriman paket sobat ke sales cargo. Tujuannya agar pihak cargo selalu memantau paket kita hingga tiba ke rumah. Ketika barang sudah sampai ke jakarta, sales akan menginfokan total biaya yang harus di bayar dan alamat penerima barang.
Saya sendiri dikenakan biaya oleh CLS Cargo 1.475.000,- untuk paket dengan berat 12,5 Kg.

Akhirnya pada tanggal 13 Mei 2017 paket saya tiba di rumah dengan keadaan baik.



Demikian artikel singkat mengenai belajar import dari china, pengalaman belanja di 1688.com. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi sobat yang ingin memulai bisnis import.

1 komentar:


EmoticonEmoticon