Setup Monitoring Menggunakan Prometheus dan Grafana


Tutorial Monitoring Prometheus dan Grafana - Hallo sobat oprekers, kali ini www.dimasrio.com akan menjelaskan bagimana cara melakukan konfigurasi monitoring prometheus dan grafana menggunakan docker. Karena pada artikel kali ini terlalu banyak step by step nya saya dan tidak mungkin saya menjabarkan semuanya di sini, maka saya membuatkan video tutorial untuk mempermudah sobat mempelajarinya.

 

Apa itu Prometheus?

Prometheus merupakan sebuah open source monitoring system yang dikembangkan oleh soundcloud. Sejak tahun 2012 lalu banyak perusahaan dan organisasi yang menggunakan prometheus sebagai monitoring project mereka. Promehtues melakukan scape ke target, kemudian membaca setiap nama metric dan value yang dihasilkan oleh exporter pada masing-masing target yang nantinya akan disimpan ke dalam datasource prometheus. Datasource inilah yang akan dibaca oleh grafana berdasarkan time series.

Apa itu Grafana?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, grafana akan mengambil data dari prometheus. Grafana merupakan sebuah data visualisasi dan analytic yang umumnya digunakan untuk memvisualisasikan time series kedalam sebuah dashboard grafik.

Oke sobat, sampai disini sudah jelas? sebelum sobat melakukan konfigurasi, pastikan install docker juga ya..!

Baca Juga :

Berikut tutorial membuat monitoring menggunakan prometheus dan grafana.


Demikian tutorial cara setup monitoring menggunakan prometheus dan grafana kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba.!!!


EmoticonEmoticon