Install Docker Machine di Linux


Install Docker Machine di Linux - Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan bagimana cara menggunakan docker compose. Salah satu tools yang dapat kita digunakan untuk melakukan manage docker engine pada virtual host yaitu docker machine. Seperti yang terlansir di official site docker machine, docker machine adalah suatu tool CLI yang digunakan untuk membuat docker host baik itu pada google cloud, aws atau pun di local pc (windows ataupun mac). Docker machine memiliki depedencies dengan virtualisasi tools seperti vmware, virtualbox dll. Secara umum docker machine akan membuat sebuah virtualisasi menggunakan iso boot2docker.

Baca Juga :
Run SSH Server pada Docker Container
Setup dan Install Jenkins pada Docker 
Pada contoh kali ini saya akan menggunakan  debian 8 linux dan sebuah virtualbox yang sudah saya install sebelumnya di local pc.

Install Docker Machine di Linux

Buat folder untuk docker machine
mkdir /opt/docker-machine
Download docker machine
curl -L https://github.com/docker/machine/releases/download/v0.12.1/docker-machine-`uname -s`-`uname -m` > /opt/docker-machine/docker-machine
Set permission exec
chmod 755 /opt/docker-machine/docker-machine
Buat symbolic link ke /bin/
ln -s /opt/docker-machine/docker-machine /bin/docker-machine
Sampai disini docker-machine sudah terinstall di linux anda. Sekarang lakukan create virtual host node1 dengan engine virtualbox.
 docker-machine create -d virtualbox node1
Output :


Jika sudah selesai maka secara otomatis akan muncul node1 pada virtualbox.


Sekarang virtual host pada docker-machine sudah dapat digunakan.

Login ke virtual host docker engine.
docker-machine ssh node1
Output:


Demikan tutorial docker kali ini mengenai Install docker machine di linux. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba..!!!


EmoticonEmoticon