Konfigurasi L2TP/IPSec VPN di Mikrotik

Konfigurasi L2TP/IPSec VPN di Mikrotik - Hallo sobat oprekers, pada artikel sebelumnya www.dimasrio.com sudah membahas bagaimana cara membuat ipsec tunneling. Disini saya akan melanjutkannya dengan konfigurasi l2tp/ipsec vpn di mikrotik. Layer 2 Tunneling Protocol (L2TP) merupakan sebuah jenis vpn perkembangan dari PPTP yang memanfaatkan layer 2 forwarding. L2tp sendiri tidak dilengkapi dengan security seperti paket data enkripsi, akan tetapi di mikrotik kita bisa memadukan l2tp dan ipsec sehingga jalur vpn menjadi lebih aman.

Baca Juga :
Konfigurasi VRF di Mikrotik
BGP Confederation di Mikrotik
Pada  contoh kasus kali ini masih sama dengan sebelumnya, yaitu dengan menghubungkan kantor cabang (branchoffice) ke kantor pusat (backoffice). Tidak hanya interkoneksi antar mikrotik, akan tetapi device lainnya juga sudah mendukung vpn jenis ini seperti Windows ataupun iPhone. 


Untuk mempermudah pembahasan kita kali ini, Berikut video tutorial konfigurasi l2tp/ipsec vpn di mikrotik dari topology di atas.



Demikian tutorial mikrotik indonesia kali ini mengenai Konfigurasi L2TP/IPSec VPN di Mikrotik. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba..!!!


EmoticonEmoticon